Beranda Tulang Bawang Bupati Mintak Pejabatnya Sosialisasi Agar Masyarakatnya Tidak BABS

Bupati Mintak Pejabatnya Sosialisasi Agar Masyarakatnya Tidak BABS

79
0
BERBAGI
  1. Tulang Bawang,Mediatama news.com

Bupati Tulang Bawang DR.(Cand) Hj.Winarti, SE. MH memerintahkan seluruh Kepala Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Bagian Sekretariat, Camat, Kepala Puskesmas bersama Masyarakat berkomitmen melakukan aksi untuk Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dalam waktu 2 bulan ini.

Hal itu disampaikan Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Tulang Bawang “Ir.Anthoni,M.M, Kamis (15/10/2020) saat membuka secara acara Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat Melalui Stop Buang Air Besar Sembarang 2020.

Sosialisasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Lantai 2 Seketariat Pemda Kabupaten Tulang Bawang ini mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Berdasarkan Laporan Kepala Dinas Kesehatan Hi.FATONI,S.Kep.,M.M bahwa Dari 151 kampung/kelurahan baru 40 kampung yang sudah Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dengan rincian pecapaian tahun 2015 sebanyak 1 (satu) Kampung, tahun 2016 sebanyak 1 (satu) Kampung, tahun 2017 sebanyak 1 (satu) Kampung, tahun 2018 sebanyak 16 (enam belas) Kampung, dan tahun 2019 sebanyak 21 (dua puluh satu) Kampung dan diharapkan dengan Sosialisasi ini, diakhir tahun 2020 dapat terealisasi semuanya di Kabupaten Tulang Bawang.

Saat ditemui Fatoni, untuk konfirmasi tentang Peserta Sosialisasi, dipaparkan oleh Kadiskes, Peserta Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat Melalui Gerakan Stop BABS , yaitu Seluruh Kepala Dinas OPD/Kabag Seketariat Daerah, Ketua Forum Kecamatan, dan Ketua Forum Kepala Puskesmas.

Dimana Kegiatan ini bertujuan diharapkan pada Kepala Dinas OPD/Kepala Seketariat Daerah; Camat dan Kepala Puskesmas dapat Lebih memantapkan koordinasi dalam upaya percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kabupaten Tulang Bawang serta merupakan Salah satu upaya intervensi menurunkan kasus stunting/gizi buruk, dan penyakit yang di akibatkan oleh Sanitasi Lingkungan, agar Masyarakat membudayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Fatoni juga membeberkan Narasumber Sosialisasi Kabupaten Kota Sehat Melalui Gerakan Bersama Rakyat Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) ini, berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, yaitu Bapak UKI BASUKI, SKM.,M.Kes sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Jajarannya.

Setelah Runtutan Protokol Pembukaan Sosialisasi selesai, Acara Pemaparan oleh Narasumber dikendalikan I Nyoman Jana (Kabid. Pelayanan Kesehatan) serta proses pemaparan dan tanya jawab berlangsung baik penuh semangat yang dibuktikan dari beberapa masukan yang konstruktif dari peserta dan pertanyaan-pertanyaan teknis lainnya Lanjut Fatoni.

Disela-sela konfirmasinya kepada tim, Fatoni menyampaikan Terimakasih tak terhingga kepada Pak SEKDA, Pak Asisten, Narasumber Dinkes Provinsi Lampung, Para Kepala Dinas, Kepala Bagian Sekretariat, Forum Camat, Forum Kepala Puskesmas atas kehadiran pada Sosialisasi tsb.(jhn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here