Beranda Uncategorized Pemerintah Kota Metro Himbau Pemilik Hewan Piaraan Agar Di Vaksinasi

Pemerintah Kota Metro Himbau Pemilik Hewan Piaraan Agar Di Vaksinasi

163
0
BERBAGI

Metro, Mediatama new.com

Pemerintah Kota Metro mengimbau masyarakat pemilik hewan peliharaan untuk melakukan vaksinasi. Ini terutama pemilik hewan peliharaan yang dapat menularkan penyakit rabies.
Demikian dikatakan Walikota Metro Wahdi saat membuka Hari Peringatan Rabies Sedunia, Selasa (28/09/2021).

Menurut Walikota Metro Wahdi upaya antisipasi juga harus dilakukan semua pihak khususnya dalam mengantisipasi penularan penyakit dari hewan ke manusia. Terlebih penularan penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian.

“Indonesia sudah mendeklarasikan bebas rabies pada tahun 2030. Ini tantangan buat kita, untuk itu butuh komitmen bersama dan kerjasama serta koordinasi dari berbagai pihak. Dan tentu juga harus melibatkan masyarakat,” ungkapnya.

Diakuinya, keterlibatan masyarakat dalam upaya pencegahan penularan penyakit rabies juga harus gencar dilakukan. Ini terutama dalam melakukan vaksinasi rabies. “Ibu-ibu, bapak-bapak jangan lupa nanti yang punya hewan peliharaan, anjing, kucing dan monyet itu harus divaksin. Dan penting juga memberikan informasi dan edukasi dari dinas, sehingga kita mampu mengkampanyekan untuk menuju bebas rabies 2030. Apalagi Kota Metro sudah ditetapkan sebagai kota yang bebas rabies,” paparnya.

Menurutnya, upaya penanggulangan rabies pada hewan tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Terlebih penyakit hewan yang menular ke manusia. “Ini proses vaksinasi. Kemudian ada juga disini kastarisasi. Ya kedepannya gitu
Kita harus sehat kan. Untuk itu kita harus sehat dari zonasis atau penyakit hewan yang menyebar ke manusia tadi,” ungkapnya.

Wahdi mengaku hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus penyakit rabies di Metro. Menurutnya, berdasarkan laporan kasus penyakit rabies terkahir ditemukan tahun 2016.

“Terkahir tahun 2016 kita sudah negatif. Terkahir 2016 negatif. Artinya setelah itu tidak ada. Karenanya masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar jangan lupa untuk divaksin. Sehingga kita mampu mengkampanyekan untuk bebas rabies pada tahun 2030,” tutupnya.(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here