Beranda Kota Metro Walikota Wahdi Bersama Menteri Perdagangan Pantau Ketersediaan Harga pangan Di Kota Metro

Walikota Wahdi Bersama Menteri Perdagangan Pantau Ketersediaan Harga pangan Di Kota Metro

69
0
BERBAGI

Metro, Mediatamanews.com

Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan bersama Walikota Metro dr. Wahdi Siradjuddin terjun ke lokasi pusat perdagangan Kota Metro, Lampung. Hal ini dilakukan untuk memantau ketersediaan dan harga pangan, Kamis (13/04/2023).

Dalam kunjungannya Zulkifli mengapresiasi Pemkot Metro dengan berbagai programnya berhasil menekan harga bahan pangan pokok selama bulan ramadan dan menjelang Idul Fitri tahun 2023.

“Dalam sejarah, baru di tahun inilah harga bahan pokok tidak mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Metro atas kerja kerasnya menjaga stabilitas harga-harga kebutuhan pokok,” ujarnya.

Zulkifli menyebutkan bahwa harga bahan pokok di Pasar Kopindo Kota Metro terpantau stabil bahkan relatif lebih murah. Salah satu di antaranya adalah harga bawang putih yang dibandrol dengan harga Rp. 28.000/ons atau Rp. 32.000 dengan ukuran yang tentunya lebih besar dibandingkan bawang putih pada umumnya.

“Bawang putih itu banyak macamnya, untuk yang paling mahal itu dibandrol dengan harga Rp. 32.000. Tentunya bawang putih jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan bawang putih biasa. Jadi kita sebagai konsumen harus paham juga mengenai hal ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman,” Zulkifli menjelaskan.

Ditemukan juga pasokan bahan pokok lainnya yang didapatkan pada tahun lalu bisa mencapai harga dua kali lipat dibandingkan tahun ini.

“Kalau lebaran tahun lalu bawang merah bisa mencapai kisaran harga hampir Rp. 50.000 namun kali ini bisa dibandrol dengan harga Rp. 30.000, telur biasanya Rp. 32.000 kali ini dibandrol dengan harga Rp. 28.000, daging sapi biasanya Rp. 140.000 sekarang Rp. 130.000, daging ayam biasanya Rp. 37.000 sekarang hanya Rp. 32.000. Silahkan nanti bisa di cek sendiri,” ujar Zulkifli.

Menurutnya, menjaga kestabilan harga bahan pokok harus terus dipertahankan. Terlebih persoalan beras yang bersinggungan langsung dengan kebutuhan primer masyarakat.

Di akhir peninjauan Zulkifli meminta kepada masyarakat agar tidak merasa cemas terhadap harga bahan pokok yang dikhawatirkan akan naik secara mendadak maupun jumlah yang jauh dari harapan masyarakat.

“Saya harap masyarakat tidak usah merasa takut dan cemas, harga akan diupayakan selalu stabil dan kapanpun belanja barangnya akan selalu ada. Bahkan pemerintah sudah menyiapkan cadangan beras untuk 20 juta lebih rakyat kita yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Wahdi juga berterimakasih kepada Menteri Perdagangan yang sudah terjun langsung ke Kota Metro untuk melakukan peninjauan dan pengawasan.

Wahdi juga mengapresiasi, seluruh pedagang mulai dari pedagang grosir hingga eceran, yang tetap menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pangan (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here