Beranda Kota Metro Pemerintah Kota Metro Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023

Pemerintah Kota Metro Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023

62
0
BERBAGI

Metro, Mediatamnews.com

Pemerintah Kota Metro berhasil meraih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas keberhasilan dalam pembinaan desa dan kelurahan.

Penghargaan ini diberikan setelah Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro, Provinsi Lampung berhasil meraih juara 1 pada lomba Kelurahan tingkat nasional pada regional 1 wilayah Sumatera.

Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, di Hotel Discovery Ancol, Pademangan Jakarta, Selasa malam, (15/08/2023).

Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2023 ini merupakan wujud apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri, kepada Pemerintah Daerah yang terwakili Desa dan Kelurahan, sebagai sarana penyebar luasan informasi mengenai keberhasilan dalam memajukan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan ke dan kemasyarakatan di wilayahnya masing-masing.

Pada tahun 2023 di regional 1 atau wilayah Sumatera, Provinsi Lampung meraih 2 penghargaan sekaligus, yaitu untuk lomba Kelurahan tingkat regional tahun 2023, yang diwakili oleh Kelurahan Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro sebagai juara 1. Kemudian lomba Desa tingkat regional tahun 2023, yang diwakili Desa Pujokerto, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung tengah meraih juara 2.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin, menerima langsung penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri. Penghargaan ini diberikan kepada 5 Walikota dari 98 Walikota yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah kita mendapat penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023 dan Penghargaan Juara 1 Lomba Kelurahan Tingkat Nasional dari Menteri Dalam Negeri. Ini yang pertama kali dalam sejarahnya Kota Metro yang diwakili oleh Kelurahan Yosorejo meraih Juara 1 Lomba Kelurahan Tingkat Nasional untuk Regional I Wilayah Sumatera. Prestasi ini tentu patut kita syukuri dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Metro. Keberhasilan dan pencapaian prestasi ini adalah berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik Pemerintah, masyarakat, para pelaku usaha, dan juga media.

Walikota berharap prestasi yang telah diraih ini akan menjadi motivasi dan energi yang lebih kuat lagi untuk kita semua dalam membangun Kota Metro dan mensejahterakan masyarakat.

Dia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung, Fokorpimda Kota Metro, para Kepala OPD se-Kota Metro, TP. PKK Kota Metro, Camat Metro Timur, Lurah Yosorejo, para Kader PKK Kecamatan dan Kelurahan, LPM Kelurahan Yosorejo, RW dan RT se-Kelurahan Yosorejo, unsur Lembaga Kelurahan lainnya, serta para tokoh seluruh warga masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung dan membantu suksesnya pelaksanaan Lomba Kelurahan.

“Lomb kurahan yang telah diraih oleh Kelurahan Yosorejo ini hendaknya dapat diikuti oleh Kelurahan-Kelurahan yang lain. Insha Allah dengan kebersamaan pasti kita bisa”, kata Wahdi.

Sementara itu Lurah Yosorejo, Kecamatan Metro Timur, Budi Maryanto Eka Saputra, dalam keterangannya mengatakan rasa syukurnya atas diraihnya prestasi Kelurahan Yosorejo.

Menurutnya Keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras bersama, yang didukung Wali Kota Metro dan anggota Forkopimda serta Ketua Tim Pembina Lomba Kelurahan yang telah mendampingi selama persiapan pelaksanaan lomba sampai dengan pelaksanaan penilaian, sehingga menjadi juara 1.

“Saya berpesan kepada warga untuk terus mempertahankan guyub rukun dan gotong royong serta memelihara semua fisik, sarana dan prasarana yang telah dibangun agar Kelurahan Yosorejo semakin “, ungkapnya (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here