Beranda Kota Metro Pemerintah Kota, Metro Rakor Masalah Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Kota Metro,

Pemerintah Kota, Metro Rakor Masalah Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Kota Metro,

54
0
BERBAGI

Metro, Mediatamanews.com.

Pemerintah Kota, Metro menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Kota Metro, yang berlangsung di Aula Pemerintah setempat, Rabu (20/09/2023).

Rapat tersebut di pimpin oleh Assisten II Supriyadi, SH yang di hadiri oleh
Ketua TP PKK Kota Metro dr. Silfia Naharani Wahdi, Sp.KKLP, M.M.

Ketua Tim pengerak PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi
menyampaikan Rapat Koordinasi Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Kota Metro, merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan beberapa hal terkait kondisi Kampung Keluarga Berkualitas serta permasalahan-permasalahan yang ada.

“Saya berharap ini nantinya dijadikan sebuah diskusi untuk mendapatkan solusi, sehingga masalah yang ada pada waktu lalu mendapatkan solusi untuk menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Diakuinya saat ini, Prestasi Kampung Keluarga Berkualitas di Kota Metro sangat luar biasa.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat. Mari bersama-sama kita jaga dengan baik. Sebagai Ketua TP PKK, saya merupakan salah satu mitra pemerintah dalam mencapai tujuan dan visinya melalui beberapa misi, tentunya kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Metro baik di tingkat kota, tingkat Kecamatan maupun tingkat kelurahan,”ucapnya.
Sebagai Ketua TP PKK dirinya mengaku siap membantu jika dibutuhkan baik dalam pergerakan dan pemberdayaan, melalui telekomunikasi maupun kolaborasi. PKK sesuai dengan visinya untuk membentuk keluarga yang sejahtera juga mengajak para wanita terutama di dalam rumah tangga untuk menjadi wanita yang benar-benar bisa menjadi contoh keluarga, baik dari sisi kesehatan maupun yang lainnya bagi lingkungannya maupun secara yang lebih luas lagi.

“Program PKK tentunya sangat banyak dan yang berkaitan dengan kampung keluarga berkualitas juga cukup banyak dan signifikan sehingga senang sekali dan terima kasih kalau di rakor Kampung Keluarga Berkualitas kami juga disertakan. PKK siap berkolaborasi dengan pemerintah dalam hal ini adalah di Kampung KB dan mari bersama-sama kita terus jaga kampung kami,”tuturnya.

Silfia juga berharap Kampung Keluarga Berkualitas bukan hanya sebuah nama dan prestasi saja, tetapi bisa betul-betul mempunyai tujuan yang jelas untuk membantu atau mewujudkan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

 

“Melalui masyarakat yang cerdas dan mandiri sesuai dengan visi dari pemerintah kota metro yaitu sebagai kota metro yang berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya,”ungkapnya.

PKK yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita juga mengaku siap menerima masukan maupun kerjasama.

Asisten I Sekda Kota Metro Supriyadi SH.,M.M. menuturkan bahwa Kampung Keluarga Berkualitas adalah satuan wilayah setingkat desa ataupun kelurahan, di mana terdapat integrasi dan kompetensi penyelenggaraan, pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Berdasarkan Instruksi Presiden No. 3 tahun 2002 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas guna mendukung keterlibatan lintas sektor di kampung keluarga berkualitas dengan bersinergi program dan kegiatan dari Kementerian dan lembaga berbasis desa.

“Salah satu strategi penyelenggara di kampung keluarga berkualitas adalah berintegrasi dan program pembangunan sumber daya manusia berbasis keluarga menuju pada arahan Inpres optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dalam rangka melakukan penguatan dan pembinaan kampung keluarga berkualitas tahun 2023, maka perlu meningkatkan komitmen pemerintah daerah atau pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas,”terangnya.

Bentuk peningkatan komitmen yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Metro dalam penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas adalah dengan telah terbitnya Keputusan Wali Kota Metro No. 477/KPTS/D-08/2023 tentang Penetapan Kampung Keluarga Berkualitas dan Pembentukan Kelompok Kerja Tingkat Kota serta Tingkat Ruang se-kota Metro. “Dalam keputusan tersebut tertera bahwa 22 Kelurahan di Kota Metro telah ditetapkan sebagai kampung keluarga berkualitas dengan tujuan adalah konvergensi lintas sektor dalam percepatan penurunan stunting di kampung dapat terselenggara dengan optimal,”bebernya.

Supriyadi juga menekan kepada seluruh para camat dan lurah untuk dapat hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kampung Keluarga Berkualitas agar permasalahan terutama terkait stuting di kota metro dapat terus mengalami penurunan..(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here