Beranda Tulang Bawang Barat Bupati Tulang Bawang Barat Apresiasi Diskusi Mulie Mekhanai Gagasan Komunitas Tiyuh Uluan...

Bupati Tulang Bawang Barat Apresiasi Diskusi Mulie Mekhanai Gagasan Komunitas Tiyuh Uluan Nughik

200
0
BERBAGI

Tulang Bawang Barat, Mediatama news.com

Komunitas Tiyuh-tiyuh Uluan Nughik menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan muleimenganai Tulang Bawang Barat (Tubaba) di Uluan Nughik.

Pada kegiatan ini, muleimenganai yang hadir dari Tiyuh Panaragan, Bandar Dewa, Menggalamas, Penumangan, Gunung Katun, Gedung Ratu, Karta, Pagar Dewa & Gunung Menanti. Serta turut hadir pula Kepalo Tiyuh Menggalamas dan Gedung Ratu untuk berdiskusi bersama Bupati Tubaba dengan perwatin muleimenganai Tubaba yang hadir.

Didalam 3 rangkaian kegiatan tersebut, pertama dimulai dengan acara Diskusi Peran Bakat Muda-mudi Tubaba. Selanjutnya setelah berdiskusi, muleimenganai Tubaba menampilkan Syair dan Gitar Klasik Lampung yang dipersembahkan oleh Kelompok Pegiat Seni di setiap Tiyuh-tiyuh.

Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad sangat mengapresiasi kegiatan diskusi, pementasan Syair dan Klasik Lampung yang dihadiri muleimenganai Tubaba, guna mempererat dan memperluas tali silaturahmi.

“Saya selaku pemerintah Tubaba, sangat mengapresiasi apa yang telah di lakukan oleh muleimenganai Tubaba yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini,”kata Bupati.

Sekarang, kata Umar Kabupaten Tubaba telah dikunjungi dari luar daerah dan semuanya sudah hadir di Tubaba. Oleh karenanya harus kita sambut mereka sebagai peluang untuk kesejahteraan bagi kita semua.

Menjelang Maghrib setelah acara penampilan Syair dan Gitar Klasik Lampung selesai. Lanjut malamnya muleimenganai Tubaba hadir kembali pada kegiatan Jaga Damar & Lempar selendang di Uluan Nughik.

Didalam berlangsungnya kegiatan pada malam hari itu, muleimenganai Tubaba di setiap tiyuh secara bergantian memandu acara Jaga Damar & Lempar Selendang di pelataran depan Uluan Nughik.

“Heboh, muleimenganai Tubaba selalu kompak untuk kebersamaan selama ini, sampai tamu kita dari Surakarta (Lampung Utara) selalu mengatakan kepada saya, bahwa mereka sangat mengapresiasi kegiatan Muleimenganai Tubaba yang selalu aktif” ujar Irawan Syah (Kepalo Menganai Panaragan).

Cindy Sunraise, selaku Ketua Komunitas Tiyuh-tiyuh Uluan Nughik dikesempatan pada penutupan acara Jaga Damar. Mengucapkan terimakasih kepada mulei menganai dari beberapa tiyuh yaitu, Tiyuh Panaragan, Gedung ratu, Penumangan, Pagar Dewa, Menggalamas, Bandar Dewa, Gunung Katun, Karta, Gunung Menanti dan Ikam Tubaba, serta Tubaba Cerdas yang telah sempat hadir pada acara tersebut.

“Saya berharap agar muda-mudi Tulang Bawang Barat dapat menjadi salah satu penggerak untuk mewujudkan Tubaba menjadi lebih baik lagi. Sehingga melestarikan kebudayaan yang ada di Bumi Ragem Sai Mangei Wawai,”harapnya.(jhn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here