Beranda Uncategorized KIAT-KIAT PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SD NEGERI 1 BATANGHARJO MELALUI IMPLEMENTASI SISTEM...

KIAT-KIAT PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SD NEGERI 1 BATANGHARJO MELALUI IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)

66
0
BERBAGI

KIAT-KIAT PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

SD NEGERI 1 BATANGHARJO

MELALUI IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)

Oleh Umi Sulaimah

 

E-mail:              acysbd@gmail.com

Umisulaimah545@yahoo.com

 

 

ABSTRAK :

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjamin Mutu Pendiddikan Dasar dan Menengah. Penjamin Mutu Pendidikan adalah suatu mekanisme  yang sistematis, terintegrasi  dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu. Adapun yang dimaksud dengan sistem penjamin mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah  yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Artikel ini merupakan best practice kiat-kiat pencapaian standar nasional pendidikan melalui implementasi sistem penjaminan mutu internal SD Negeri 1 Batangharjo dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis, yakni mendeskripsikan pelaksanaan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) di SD Negeri 1 Batangharjo.

Implementasi Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) di SD Negeri 1 Batangharjo sesuai dengan Raport Mutu Tahun 2019 ada 4 standar yang di analisis yaitu (1) standar Kompetensi Lulusan (SKL) 1.1  Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi sikap (6,99), sub Indikator “1.3 Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan (6,99)” (2) Standart  Isi 2.3 Sekolah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan (6,95), sub indikator “2.3.1 Menyediakan alokasi waktu pembelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku (6,81)” (3) Standart Proses 3.2 Proses pembelajaran dilaksanakan dengan tepat baik (6,97), sub indikator “3.2.1 Membentuk rombongan belajar dengan jumlah siswa sesuai ketentuan (6,66)” (4) Standart Penilaian 4.5. Penilaian dilakukan mengikuti prosedur baik (6,99), sub indikator “4.5.3 Menentukan kelulusan siswa berdasarkan pertimbangan yang sesuai (6,99)”

Berdasarkan Pelaksanaan SPMI di SD Negeri 1 Batangharjo, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dapat meningkatkan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Kata Kunci: Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI), Standart Nasional Pendidikan (SNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here