Beranda Kota Metro PC. Muslimat NU Kota Metro Grand Opening Kopwan An-Nisa Metro

PC. Muslimat NU Kota Metro Grand Opening Kopwan An-Nisa Metro

125
0
BERBAGI

Metro, Mediatamanews. com.

Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Metro, mengadakan Grand Opening Koperasi Wanita (Kopwan) An-Nisa Metro yang merupakan badan usaha milik Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Metro, Rabu (16/11/2022)

Grand Opening Kopwan An-Nisa yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta 16C Mulyojati Kecamatan Metro Barat itu secara resmi dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Metro, Siti Aisyah, S. Sos. M. Ap

Tampak hadir dalam acara Grand Opening itu, Ketua PCNU Kota Metro H Rudi Hartono, Mustasyar PCNU Kota Metro yang juga Ketua MUI Metro, KH Zakaria Achmad, Pengasuh Pondok Pesantren Darul A’mal KH. Ahmad Dahlan Rasyid, Ketua LP Ma’arif Kota Metro Ismail, Kepala SMK Ma, arif Ujang Kartono, Ketua PC Muslimat NU Dra.Hj.Nurhayati, Ketua Kopwan An-Nisa, Hj Rumzanah, Pengurus dan anggota Kopwan Anisa Metro dan ketua-ketua Banom NU se-Kota Metro

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Metro Siti Aisyah, S. Sos, M. Ap dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat atas didirikannya Kopwan An-Nisa.

Dia berpesan kepada pengurus dan pengelola Koperasi agar mempunyai badan hukum seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), karena setiap pelaku usaha harus mempunyai NIB serta dapat bergabung di UMKM Kota Metro dengan syarat dan ketentuan yang sudah di tentukan

Tak hanya itu dalam pengelolaan Kopwan tersebut, tambahnya, harus menggunakan manajement yang baik dan benar di mulai dari susunan kepengurusan, pembagian hasil berapa persen kepada pengurus dan anggotanya dan yang terpenting harus ada Rapat Anggota Tahunan (RAT)

“Saya berharap Kopwan An-Nisa ini dikelola dengan baik dan bisa sejahterakan anggotanya serta bisa menaungi warga Muslimat khususnya dan masyarakat luas sesuai dengan tujuan didirikanya Koperasi ini”, pesannya.

Di tempat yang sama, Ketua PCNU Kota Metro. H Rudi Hartono menyampaikan rasa bangganya kepada Muslimat dan Fatayat yang telah berinisiatif mendirikan Kopwan An-Nisa.

Menurutnya, kebanggaan kepada Muslimat dan Fatayat dalam mendirikan Koperasi An-Nisa itu juga merupakan kebanggan warga NU yang telah memiliki koperasi. Untuk itu, semua Pengurus dan warga NU hendaknya mendukung dan mensuport keberadaan Koperasi An-Nisa ini.

Pengusaha Hordeng itu juga menyampaikan bila kedepan, PCNU berencana mendirikan layanan kesehatan yaitu rumah sakit NU yang pertama di Metro.

Ketua PC. Muslimat Kota Metro Dra. Hj. Nurhayati mengungkapkan bahwa Kopwan An-Nisa ini merupakan koperasi milik Muslimat NU, di mana seluruh Pengurus Wilayah dan Cabang se-Indonesia diintruksikan untuk mendirikan Koprasi dengan nama An-Nisa.

Atas dasar itulah, PC Muslimat Kota Metro membentuk Kopwan An-Nisa yang saat ini sudah berjalan.

“Kami berharap dengan hadirnya Kopwan An-Nisa bisa berkembang pesat dan maju sehingga dapat membesarkan NU” ujarnya.

Sementara, Ketua Kopwan Anisa Metro Hj Siti Rumzanah menyampaikan Koperasi Wanita An-Nisa Metro merupakan bukti komitmen kaum wanita di lingkungan NU yang di prakarsai oleh Muslimat NU dan sudah pernah di lakukan pada periode 2000-an yaitu dengan mendirikan koperasi yang bernama An-Nisa, namun dalam perjalanannya mengalami pasang surut dan sampai akhirnya non aktif.

“Semangat yang pernah muncul kemudian berupaya dibangkitkan kembali oleh ibu-ibu wanita NU yang beranggotakan kaum wanita dengan menghidupkan kembali koperasi tersebut dan di beri nama dengan Koperasi Wanita An-Nisa Metro”, ucap pengasuh Ponpes Roudlatul Qu’ran Kota Metro yang didirikan mendiang KH Ali Qomarudin.

Lebih lanjut Siti Rumzanah mengatakan Kopwan An-Nisa Metro beranggotakan 100 orang yang terdiri dari unsur Muslimat yang mewadahi kelompok ibu-ibu NU dan Fatayat yang mewadahi kelompok pemudi-pemudi NU di Kota Metro serta mempunyai visi “Menjadikan Koperasi Sebagai Wadah Perekonomian Yang Mampu Mensejahterakan Anggota dan Keluarga serta Warga NU’.

Koperasi ini merupakan koperasi konsumen dengan usaha yang telah di jalankan yaitu berupa Usaha Catering, penjualan Atribut NU, perlengkapan ibadah, penyewaan Papan Bunga, Jasa MUA, Dekorasi dan lainya yang dalam usaha ini bekerjasama dengan bermitra kepada warga NU yang memiliki potensi usaha sehingga pemberdayaan dan pemerataan dapat di akses secara luas.

“Kami mengharapkan suport dan dukungan dari keluarga besar NU Kota Metro serta pengawasan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Metro agar menjadi koperasi yang sehat dan kuat dalam menjalankan usahanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga apa yang menjadi tujuan koperasi An-Nisa dapat tercapai dengan baik dan membawa keberkahan bagi masyarakat di Kota Metro”, ucapnya. (Mis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here