Beranda Kota Metro Bakal Dihadiri Ribuan Jamaah, PCNU Kota Metro Gelar Malam Puncak Peringatan 1...

Bakal Dihadiri Ribuan Jamaah, PCNU Kota Metro Gelar Malam Puncak Peringatan 1 Abad NU

167
0
BERBAGI

Metro, mediatamanews.com

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Metro, Lampung, Selasa (7/2/2023) malam nanti menggelar malam puncak Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di lapangan 16c Mulyojati Kecamatan Metro Barat.

Hal itu dikatakan Ketua PCNU Kota Metro H Rudi Hartono yang didampingi Sekretarisnya H Syahro dan Ketua LP Ma’arif Kyai Ismail saat meninjau persiapan puncak acara peringatan 1 Abad NU itu.

Kepada awak media, H Rudi menjelaskan pada puncak acara peringatan. abad NU yang merupakan peristiwa bersejarah bagi perjalanan dan kiprah jam’iyah yang didirikan hadrotus Syech KH Hasyim Asy’ari diisi dengan kegiatan Pengajian Akbar dan Istighozah.

“Peringatan 1 Abad NU nanti malam akan dihadiri ribuan warga Nahdliyin, kami juga mengundang pejabat di Kota Metro, mulai Walikota Metro, Ketua DPRD dan jajarannya, Kapolres Kota Metro, Dandim Kota Metro, Kajari, alim ulama, dan juga tokoh-tokoh Kota Metro”, katanya.

Pada peringatan 1 Abad NU ini, tambhnya, PCNU Kota Metro sengaja tidak hadir diacara puncak yang digelar PBNU di Stadion Destras Sidoarjo Jawa Timur, tetapi PCNU ingin memeriahkan dengan seluruh warga NU di Kota Metro, sehingga bisa bersama-sama merasakan kegembiraan atas perjuangan panjang para Masyayikh NU dalam membangun peradaban jam’iyah untuk kemaslahatan ummat, bukan saja warga NU dan warga bangsa Indonesia tetapi NU hadir untuk peradaban dunia.

Sementara itu, Ketua Panitia H Wahid Asy’ari mendampingi Ketua Stering Comite Dr Mispani yang juga Rektor Universitas Ma’arif Lampung mengungkapkan selain akan ada sambutan Walikota Metro, untuk Maudhotul Hasanah nanti malam akan diisi Kyai sepuh NU yang juga Mukhtasyar PWNU Lampung KH Syamsudin Thohir, Istighozah akan dipimpin KH Dahlan Rosyid pengasuh Pondok Pesantren Darul Akmal Metro dan doa dipimpin Ketua MUI Kota Metro KH Zakaria Ahmad yang juga Mustasyar PCNU Kota Metro.

Nanti malam, imbuhnya, juga akan dibagikan hadiah bagi pemenang Berbagai tangkai perlombaan yang diadakan oleh PCNU kota Metro 3 hari berturut mulai tanggal 4 – 6 Februari 2023 disamping juga hadiah untuk lomba visitasi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana H Wahid Asy’ari menyampaikan pada event peringatan 1 Abad NU ini, PCNU Kota Metro menggelar 12 cabang perlombaan plus 1 lomba MWC NU sehat yang tahun ini masuki tahun ke-4.

Dari 12 cabang lomba Yang diikuti utusan MWCNU Metro Pusat, MWCNU Metro Timur, MWCNU Metro Barat, MWCNU Metro Selatan dan MWCNU Metro Utara itu dilaksanakan selama 3 hari, di mana pada hari Sabtu 3 Februari meliputi Cabang Hadroh, Pencak Silat Pagar Nusa, dan Tilawatil Qur’an.

Pada hari ke II, 5 Februari cabang yang dilombakan paduan suara, pidato, taghoni/murotal, aqidatul awam, dan lomba mewarnai. Dan pada hari ke-III, tanggal 6 Februari ada 4 Cabang yaitu Diba’ Albanzanji, kreasi pendidik, Hafidz Al Qur’an, dan pembacaan kitab kuning.

Sekretaris Panitia, Joko Prayitno menambahkan dari 12 Cabang yang dilombakan itu tidak kurang dari 1000 peserta utusan 5 MWCNU se Kota Metro baik yang cabang kelompok atau perorangan, sehingga kegiatan ini benar-benar mampu menyedot perhatian pengurus dan warga NU di Kota Metro

Sementara itu, berdasarkan berdasarkan pantauan di lapangan, kemeriahan peringatan 1 Abad itu mulai terlihat dari banyaknya ucapan selamat berupa papan bunga yang berderet dipinggir jalan seputaran lapangan 16C Mulyojati dari sejumlah tokoh, begitu juga ribuan bendera NU terpasang di pinggir-pinggir jalan, belom lagi panggung utama yang berdiri megah di lapangan, bahkan sejumlah pejabat dari Mulai Walikota Metro dan unsur Forkopimda Kota Metro juga memasang bender dengan ukuran besar menyampaikan ucapan selamat di sejumlah sudut-sudut perempatan di Kota Metro.

Untuk keperluan kegiatan dari mulai lomba-lomba yang melibatkan ribuan warga NU mulai usia TK sampai dewasa dan malam puncak tak kurang dari Rp 500 juta habis untuk peringatan bersejarah itu melalui gotong royong dari seluruh elemen warga NU, tanpa melibatkan Pemerintah Daerah maupun pihak-pihak lain. (Miswati)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here