Beranda Uncategorized Kerajinan Tangan Karya Anak Tubaba

Kerajinan Tangan Karya Anak Tubaba

52
0
BERBAGI

Tulang Bawang Barat,Mediatamanews.com

Berbagai kerajinan tangan yang dibuat oleh Rendi Anggara, warga tiyuh Tirta Makmur, Kecamatan Tulang Bawang Tengah
Kabupaten Tulang Bawang Barat, memanfaatkan bahan bekas menjadi kerajinan tangan yang unik, kreatif, dan inovatif. Senin,06/01/2020.

Rendi Anggara selaku ketua karya timur (tirta makmur) tubaba “Awalnya saya hanya refrensi dan coba-coba membuat kerajinan tangan tersebut. Untuk mengisi waktu luang saja. Saya hanya membuat dan memanfaatkan limbah (ban mobil bekas), dari bengkel terbesar ditiyuh tirta makmur”.

“Tak diduga dengan saya mencoba membuat dan memanfaatkan limbah tersebut, banyak masyarakat yang tertarik dan mendukung saya, salah satunya yakni, Bhabinkamtibmas Yelva Desembri. Untuk lebih mengembangkan kerajinan tangan yang lebih unik,kreatif dan Inovatif”.

Tak hanya dari limbah ban mobil saja, ada juga kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Saat bahan telah ia sediakan semua dirumahnya, Rendi langsung memotong bambu dan membuat rangkaian yang ingin ia buat kerajinan tangan. Baik membuat gelas dari bambu, nampan dari bambu(tempat makanan/minuman), teko dari bambu(wadah air minum), hiasan gantungan kunci montor, dan yang paling unik yaitu, miniatur kapal yang terbuat dari bambu.

Ada juga lampu yang indah, yang terbuat dari paralon. Sangat unik, dan menawan jika dilihat. Baik untuk lampu kamar tidur, dan hiasan dekorasi ruangan.

Lalu ada limbah dari ban mobil bekas, yang diubah menjadi tempat duduk, dan meja yang nyaman dan kuat.

“Alhamdulilah, dengan berbagai kerajinan tangan yang sudah saya kembangkan ini, banyak dari pemuda tubaba pun ikut andil dalam pembuatan kerajinan tangan ini.

Dalam beragam kerajinan tangan yang sudah saya buat, Saya menjualnya pun dengan harga yang berfariasi dari 5 ribu sampai 200 ribu rupiah. Tergantung jenis kerajinan, bahan dan tingkat kesulitan dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut.

“Saya berharap dengan adanya kerajinan ini, mampu mengurangi tingkat pengangguran di tubaba, khususnya para pemuda. Dan masyarakat pun dapat mengembangkan ide-ide yang kreatif dan inovatif dalam membuat berbagai kerajinan tangan.

Untuk saat ini, penjualan kita masih dilingkup tubaba, dan para konsumen bisa merequest sesuai keinginannya. Pungkasnya (johan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here