Beranda News 11 Kasus Positif DBD Terjadi Di Awal Tahun , Sekda Way Kanan...

11 Kasus Positif DBD Terjadi Di Awal Tahun , Sekda Way Kanan Saiful Minta Dinas Kesehatan Dan Pukesmas Tingkatkan Kewaspadaan

171
0
BERBAGI

Way Kanan mediatamanews –

Sebanyak 11 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Kabupaten Way Kanan pada awal tahun 2022 ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saiful mengatakan, baru saja diberikan data oleh kadis kesehatan, ada 11 orang yang positif DBD dan suspek 8 orang.

“Kasus itu terjadi di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Baradatu, Banjit dan Negeri Baru,”ujarnya, Senin (31/01/2022).

Saiful mengatakan, untuk mengantisipasi bertambahnya kasus ia telah meminta Dinas Kesehatan melalaui seluruh Puskesmas untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Saya juga akan membuat surat edaran bupati terkait dengan bersih-bersih sampah dan genangan air, hari ini juga saya sudah perintahkan dinas kesehatan untuk buatkan konsepnya untuk dikirim ke setiap desa,”tuturnya.

Saiful juga mengatakan, Dinas Kesehatan untuk aktif penyuluhan dan fogging ke masyarakat demi mencegah bertambahnya kasus DBD.

Dadang Darmanto (29) warga Umpu Bhakti Way Kanan yang positif DBD mengatakan, saat ini ia dirawat di salah satu RS umum sudah hampir satu minggu.

“Waktu pertama kali saya rasakan badan saya menggigil, rasanya tulang-tulang ini mau copot, badan panas mau muntah terus tapi gak muntah-muntah,” ujarnya saat dikonfirmasi via telpon.

Dadang mengatakan, gejalanya ini hampir mirip terkena covid 19 karena ia juga merasakan makan itu hambar.

“Tapi Alhamdulilah saya udah enakan, iya udah dinyatakan sembuh lah, besok saya sudah bisa pulang,”ungkapnya.

Dadang berpesan, untuk selalu menjaga kebersihan terutama disekitaran rumah, apalagi untuk genangan air karena saat ini musim penghujan.

“Saya juga meminta dinas kesehatan segera melakukan foging agar tidak ada lagi kasus DBD yang menimpa seperti saya,”tutupnya. (Nely)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here