Beranda Kota Metro Gelar Safari Ramadhan Perdana, PCNU Kota Metro Kembali Bantu Warga

Gelar Safari Ramadhan Perdana, PCNU Kota Metro Kembali Bantu Warga

348
0
BERBAGI

Metro, Mediatama news.com

Absen 2 tahun karena pandemi Covid-19, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Metro, Lampung pada bulan suci Ramadhan 1443 H/tahun 2022 M kembali menggelar kegiatan safari Ramadhan.

Mengawali Safari Ramadhan tahun ini, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MW NU) Kecamatan Metro Barat mendapat giliran pertama yang dikunjungi PCNU lengkap dengan struktur kepengurusan Lembaga dan Badan Otonomnya bertempat di Masjid Baiturahim Kelurahan Mulyosari Metro Barat, Jum’at (8/4/2022) malam.

Tampak hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan yang diawali dengan Sholat Isya dan Sholat Taraweh yang diimami Katib PCNU Kota Metro, KH Zamroni Ali bersama seribuan jamaah dan warga NU itu Rois Syuriah Kyai Mahsum Jauhari, Wakil Rois KH Jamal Idrus As Syafi’i yang bertugas memberikan Tausiah, Ketua PCNU H Rudi Hartono, Sekretaris PCNU H Syahro, Ketua LP Ma’arif Kyai Ismail, Ketua Lazisnu H Agus Rinasaka, Ketua Muslimat NU Hj Nurhayati Haikal, dan Ketua GP Ansyor Joko Prayitno.

Ketua PCNU Kota Metro H Rudi Hartono dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Safari Ramdhan ini merupakan sarana konsolidasi dan silaturahmi dengan seluruh Pengurus NU dari tingkat Cabang sampai tingkat Anak Ranting, dengan Pengurus Lembaga dan Badan Otonom, kader Penggerak NU, warga NU dan juga jamaah majelis taklim.

“Kegiatan ini merupakan konsolidasi antara Pengurus dan warga NU, hal ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari semua pihak, sehingga kedepan NU di Kota Metro bisa menjadi harapan bersama”, katanya.

H Rudi dalam kesempatan itu, juga kembali menekankan agar setiap Pengurus NU di semua level, Semua Pengurus Lembaga termasuk satuan Pendidikan, Pengurus Banom dan Kader Penggerak NU bisa bersinergi dan turut ambil bagian menyukseskan program pendataan Anggota NU, sehingga seluruh warga NU bisa memiliki Kartu tanda anggota (Kartanu). “Saya Mintak habis lebaran bisa bergerak semua”, ujarnya.

Lebih lanjut, H Rudi menyampaikan kepada jamaah dan warga NU, bila PCNU melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodakoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) mulai 2014 lalu aktif dalam kegiatan sosial berupa pemberian bantuan kambing gratis, bantuan grobak bagi warga yang berdagang, dan memberikan hibah modal usaha, termasuk layanan ambulan gratis bagi yang membutuhkan.

Tak lupa H Rudi dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ketua MWC NU Metro Barat Kyai Sudirman dan jajarannya serta Takmir Masjid yang sudah berkenan menerima kedatangan tim Safari Ramadhan PCNU Kota Metro.

Sementara, KH Jamal Idrus As-Syafi’i dalam tausiyahnya menyapaikan bila bicara NU maka secara otomatis bicara Islam, sebab NU adalah organisasi kemasyarakatan (ormas) berhaluan Islam Ahli Sunnah Waljamaah dengan jumlah warganya lebih dari 100 juta.

NU, katanya, terasa istimewa karena selain sanad ajarannya nyambung sampai kepada Rasulullah juga karena NU yang lahir sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini ada atau berdiri, sehingga NU melalui tokoh-tokohnya tampil di depan turut mendirikan bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI, maka NU akan selalu menghadang semua gerakan radikalisme yang bertujuan menghancurkan keutuhan NKRI.

Kyai Jamal tak lupa dalam kesempatan itu mengajak kepada warga NU dan jamaah yang hadir untuk meningkatkan amaliyah ibadah dengan aqidah Aswaja selama bulan suci Ramadhan 1443 H ini, sehingga semua bisa mengenyam dan menikmati keberkahan bulan Ramadhan dengan meraih derajat taqwa.

Diakhir kegiatan Safari Ramadhan itu, Ketua PCNU H Rudi Hartono dan Ketua LAZISNU H Agus Rinasaka didampingi Sekretaris Muslim, Bendahara Markaban, dan Manager eksekutif Lazisnu Kota Metro, Dedek Riwanto, JS seperti pada kegiatan Safari Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini juga menyerahan bantuan Al Qur’an dan uang kepada Takmir Masjid, serta bantuan kepada warga NU berupa dana Hibah tambahan modal Usaha kepada 5 orang masing-masing senilai 1.200.000, penyerahan kambing bergulir sebanyak 7 ekor kepada 7 KK. Sampai saat ini total kambing lebih dari 440 ekor yang digulirkan.

Untuk diketahui PCNU Kota Metro telah menjadwalkan kegiatan Safari Ramadhan di 5 MWC yg ada di Kota Metro. (Joko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here