Beranda News Tiyuh Margo Mulyo Dinobatkan jadi Bank Sampah

Tiyuh Margo Mulyo Dinobatkan jadi Bank Sampah

125
0
BERBAGI

Tubaba, Mediatamanwws.. com

Masuk dalam penilaian Program
(Cityber) Cinta Tiyuh Bersih Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung Launching Tiyuh Margo Mulyo Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat jadi Bank Sampah.

Di ketahui kunjungan Kadis DLH Provinsi Lampung Emilia Kusumawati dan sejumlah pejabat tersebut selain menyerahkan bantuan mesin alat pencacah sampah kemudian dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama peresmian bank sampah di kantor sekretariat bank sampah unit mulya sakti suku empat (4) Margo Mulyo.pada Selasa (29/11/2022)

Hadir dalam Acara tersebut
Untung Budiono Staf Ahli Bidang Pemerintah mewakili Pj Bupati tubaba Zaidirina,Kadis DLH Provinsi Lampung, Emilia Kusumawati Kadis DLH Kabupaten Tubaba, Anggota DPRD Tubaba, Pimpinan OPD, Para Kadis,Camat dan Kepalo Tiyuh.

PJ Bupati Tubaba Zaidirina, dalam sambutannya melalui Staf Ahli Bidang Pemerintah Untung Budiono menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan tersebut merupakan amanat Pemerintah berdasarkan keputusan Presiden Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 bahwa Tanggal 28 November di tetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia.

” Kegiatan kita hari ini Dengan mengambil tema (Ayo kerja dan tanam pelihara pohon untuk hidup yang lebih baik), bermaksud untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon,” ungkapnya.

Lanjutnya Untung Budiono menyatakan pada acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2022 sekaligus deklarasi komitmen daerah terhadap Program Cityber (Cinta Tiyuh Bersih) dan Program Kampung Iklim.

“Melalui momentum ini, saya mengajak seluruh yang hadir disini secara aktif mengedukasikan diri sendiri kepada lingkungan terdekat serta masyarakat luas dalam melestarikan alam sekitar, terutama dalam menjaga keberadaan pohon di sekitar kita, disamping itu saya juga mendorong seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam gerakan menanam pohon di Kabupaten Tubaba ini,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutan Emilia Kusumawati Kadis DLH provinsi Lampung juga mengatakan bahwa kunjungannya merupakan dalam rangka program Cityber yang mendeklarasikan bank sampah mulya sakti,

“dari Provinsi Lampung melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan alat pencacah sampah dengan harapan alat ini bisa membantu masyarakat membuat pupuk kompos,
kami juga memberikan kotak sampah walaupun cuma sedikit tetapi ini adalah niat kami ingin mewujudkan kesuluruh Lampung bisa ada kotak sampah,” kata Emilia Kusumawati.

Kemudian Kadis DLH Provinsi Lampung juga mengungkapkan harapannya dari deklarasi bank sampah harus memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan Cinta Tiyuh Bersih.

“Harapan saya bahwa 1 desa 1 bank sampah di mulainya di Tiyuh Margo Mulyo bisa menularkan ke desa yang lain, sehingga mereka bisa punya gerakan bersama,”
tutupnya

Fajar Ria Kurniawan selaku Kepala Tiyuh Margo Mulyo dalam kesempatan itu berharap kepada masyarakat bisa komitmen mensukseska program Cityber mulya sakti.

” Kita menjadi tiyuh yang bebas sampah, sebagaimana sampah yang tidak ada nilainya bisa menjadi rupiah dan insya allah ke depan dari dua puluh lima (25) RT di margo mulyo kita akan mengumpulkan sampah yang kita kumpulkan melalui karang taruna bank sampah mulya sakti,” pungkasnya. (Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here