Beranda Lampung Tengah Pemerintah Lampung Tengah Gelar Musrenbang

Pemerintah Lampung Tengah Gelar Musrenbang

89
0
BERBAGI

Lampung Tengah, Handal

Bupati Lampung Tengah dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nirlan, S.H., M.M. menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024,di Sesat Agung Nuwo Balak Gunung Sugih. Kamis ( 16/03/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Forkopimda, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah dan Para Camat se-Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nirlan, S.H., M.M. menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung beserta rombongan dan seluruh peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024 yang telah mencurahkan energi, waktu dan pemikiran untuk mengikuti dan berperan aktif pada musyawarah ini, sehingga pada kesempatan ini diharapkan akan mendapatkan masukan-masukan baik dari berbagai pihak.

Musrenbang RKPD merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dalam rangka mendapatkan kesepakatan permasalahan dan prioritas pembangunan daerah serta program/kegiatan yang akan dilaksanakan dan penyelarasan program/kegiatan pembangunan daerah dengan program/kegiatan provinsi hadirin peserta musrenbang RKPD yang saya banggakan, RPKD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024 merupakan dokumen tahapan perencanaan pembangunan tahun ketiga dari RPJMD Kabupaten Lampung Tengah tahun 2021-2026, yang mengusung tema Pembangunan Tahun 2024 “Pembangunan Ekonomi Kerakyatan didukung Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing”, dengan prioritas pembangunan yang diarahkan yang pertama pada pemerataan kualitas sarana dan prasarana wilayah dan pelestarian lingkungan hidup;

Ke dua pengembangan potensi ekonomi unggulan dan investasi daerah, melalui ekonomi kerakyatan;

Ke tiga pemantapan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing;, ke empat Peningkatan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan; ke lima Peningkatan kondusivitas wilayah dan kerukunan umat beragama.

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi alam dan sumber daya manusia yang sangat luar biasa, lokasi yang sangat strategis di jalur perlintasan barang/jasa dan terdapat beberapa program strategis nasional maupun Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Tengah, oleh karena itu saya berharap bahwa keuntungan-keuntungan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Lampung Tengah.

Sebelum saya akhiri, kepada seluruh Perangkat Daerah, saya minta untuk dapat menyusun rencana kerja perangkat daerah Tahun 2024 dengan berpedoman pada Renstra Perangkat Daerah masing-masing, dan rumusan program/kegiatan dalam rencana kerja perangkat daerah merujuk pada ketentuan yang berlaku, serta senantiasa menjaga konsistensi dokumen perencanaan agar visi dan misi Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah terwujud.

Sementara itu kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah Drs. Rusmadi, M.M. dalam laporanya menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten, diantaranya Untuk mendapatkan saran dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan RKPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024, Menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan, Mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan kabupaten/kota

Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja pemerintah daerah perioritas pembangunanan dalam rancangan RKPD Tahun 2024 adalah sebagai Pemerataan Kualitas Sarana Dan Prasarana Wilayah Dan Pelestarian Lingkungan Hidup, Pengembangan Potensi Ekonomi Unggulan Dan Investasi Daerah, Melalui Ekonomi Kerakyatan;

” Dalam rancangan RKPD ini telah disusun berdasarkan bidang urusan sesuai dengan kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten.”, tutupnya ( Oko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here