Beranda Kota Metro Wakil Walikota Metro Qomaru Terima Kunjungan BPJS Ketenagakerjaan

Wakil Walikota Metro Qomaru Terima Kunjungan BPJS Ketenagakerjaan

187
0
BERBAGI

 

Metro, mediatamanews.com

Wakil Walikota Metro melakukan Audiensi Dalam Rangka Kunjungan Kerja Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan di OR Setda Kota Metro, Kamis (24/03/2022).

Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Muhammad Zuhri Bahri saat melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Walikota Metro dalam rangka monev pengawasan atas implementasi Inpres nomor 2 tahun 2021, menyampaikan dorongannya terhadap Peraturan Daerah (Perda) tentang Pelaksanaan Kewajiban Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kota Metro.

“Kita mendorong adanya Perda di wilayah Kota Metro terkait tentang kewajiban menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar seluruh pekerja baik formal maupun informal di Kota Metro terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Muhammad Zuhri Bahri juga mengatakan sektor pekerja yang dipandang prioritas mendapatkan perlindungan melalui Perda yaitu, Pekerja Rentan, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat, Non ASN, Pekerja informal atau BPU seperti petani, nelayan, peternak, perkebunan, serta pelaku UMKM.

Dirinya menambahkan dengan adanya Perda menjadi bukti negara hadir untuk melindungi seluruh pekerja dari risiko-risiko agar pekerja bisa aman dan tenang saat bekerja. “Perda merupakan bentuk komitmen kepala daerah tentang arti penting perlindungan,” imbuhnya.

Selain itu, Inpres 2 Tahun 2021 sebagai regulasi yang menjadi pedoman selain UU SJSN dan UU BPJS yang ada sebagai dasar untuk menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) sebagai wujud komitmen Kepala Daerah tentang arti penting perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat.

“Jamsostek merupakan wujud perlindungan masyarakat yang memiliki beberapa manfaat seperti program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian akibat kecelakaan kerja, dan beasiswa untuk 2 (dua) orang anak dari TK sampai Perguruan Tinggi”, jelasnya.

Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menanggapi Kunjungan Kerja Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, dirinya menyampaikan keseriusannya dalam memimpin Kota Metro bersama Walikota Metro terkait pelayanan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk melayani masyarakat.

“Kedepan Kota Metro harus bisa mewarnai dan menjadi wakil dari Provinsi Lampung mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, dan keamanannya,” ujar Qomaru.

Qomaru juga memaparkan bahwa saat ini Pemerintah Kota Metro sedang mencoba menjadi Kota Layak Anak, dan ke depan kita juga akan mencoba menjadi Kota Layak Huni.

“Saya sebagai Wakil Walikota Metro tentu bertanggung jawab bukan hanya mengurusi pemerintahan tetapi semua yang berkaitan untuk masyarakat Kota Metro, dan saat ini Kota Metro sedang gencar-gencarnya mendesain layanan untuk masyarakat. (Jok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here