Beranda News Bupati Adipati Lantik 85 Pj. Kakam Di Wilayah Kabupaten Way Kanan Tahun...

Bupati Adipati Lantik 85 Pj. Kakam Di Wilayah Kabupaten Way Kanan Tahun 2022

171
0
BERBAGI

Way Kanan, Mediatamanews.com –

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M melantik Penjabat Kepala Kampung dalam Wilayah Kabupaten Way Kanan sejumlah 86 kepala di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan, Rabu (21/12/2022) .

Acara dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setdakab, Inspektur Daerah Kabupaten, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Bagian Tata Pemerintahan dan Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati didampingi Ketua II TP-PKK, Ny. Vorian Melita Saipul.

Dalam sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya mengatakan bahwa pelantikan yang dilaksanakan tersebut untuk mengisi 85 Kepala Kampung yang telah habis masa jabatannya pada Tanggal 14 Desember 2022 dan 1 Kepala Kampung meninggal dunia, yaitu Kepala Kampung Negeri Sungkai Kecamatan Gunung Labuhan.

untuk menjalankan Pemerintahan Kampung,
Pemerintah Kabupaten Way Kanan melantik Penjabat Kepala Kampung yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Saya mengucapkan selamat kepada seluruh Penjabat Kepala Kampung yang baru dilantik, harapan saya dapat membawa wajah dan pemikiran yang actual dalam mengisi pembangunan di wilayah Kabupaten Way Kanan, karena seorang Penjabat Kepala Kampung bukan hanya terfokus pada program dan nominal anggaran yang diusulkan ke Pemerintah Kabupaten, tetapi idealnya harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong yang saat ini hampir punah”, ujar Bupati Adipati.

Bupati juga secara tegas mengingatkan kepada para Penjabat Kepala Kampung yang baru dilantik untuk membaca dan memahami Peraturan Bupati Way Kanan Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Kampung, sehingga setiap pergantian perangkat Kampung terlebih dahulu dikonsultasikan secara tertulis kepada Camat, guna tidak terjadi permasalahan perdata dari kebijakan yang dihasilkan.

Dirinya juga meminta kepada para Penjabat Kepala Kampung agar di APBKam Tahun Anggaran 2023 mengalokasikan Anggaran Pemilihan Kepala Kampung, Anggaran Batas Wilayah Kampung yang manfaatnya nanti untuk kepastian hukum terkait batas setiap Kampung, sehingga dalam pengelolaan Pemerintahan, pembanguan dan pemberdayaan dapat terlaksana dengan baik, serta Anggaran Beasiswa untuk masyarakat Kampung (Program 1 Kampung 1 Sarjana), dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia khususnya SDM.

” dalam melaksanakan tugas dijalankan dengan baik, jujur dan menjaga amanah, sehingga seluruh program yang ada di Kampung dapat berjalan kondusif. Serta segera jalin komunikasi dengan Badan Permusyawaratan Kampung dan Stakeholder, dapat bekerjsama membangun Kampung dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera”,

Bupati Adipati yang juga meminta kepada para istri dan suami Penjabat Kakam untuk memberikan dukungan, dan ikut berperan aktif dalam membantu kelancaran tugas-tugas Kepala Kampung khususnya PKK Kampung dan pemberdayaan perempuan. Tegas Bupati Adipati

Hi.Raden Aden Adipati Surya kembali berpesan kepada para Pj Kepala Kampung yang dilantik di masing-masing Kampung sesuai Surat Keputusan (SK) yang telah ditetapkan.
“Penjabat Kepala Kampung diminta agar mampu berinovasi memajukan Kampung yang sedang dipimpinnya, sehingga bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakat, juga diminta agar berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten.
Adapun program tersebut, lanjut Bupati, dimaksudkan untuk memajukan Kampung melalui program-program unggulan yang mampu memajukan dan mewujudkan kemandirian kampung kedepannya.

“Contohnya melalui program sumber daya pangan, penguatan pertanian, ketahanan pangan, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menjadikan kampung yang mandiri, kampung yang maju dan bisa berkembang dengan anggaran dana desa yang digelontorkan pemerintah melalui dana desa setiap tahunnya dan Pj akan mengelola dana Desa untuk Tahap Pertama,” ujar Adipati.

Mari terus gali potensi potensi yang ada di kampung yang dipimpin, sehingga sumber daya yang ada bisa termanfaatkan dengan tepat guna dan tepat sasaran, yang bermuara pada kemajuan dan menjadikan kampung tersebut sebagai Kampung yang mandiri,” Tandas Bupati (Nelly Diana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here