Beranda Lampung Tengah Bawaslu Lampung Tengah Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu Lampung Tengah Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

81
0
BERBAGI

Lampung Tengah, Mediatamnews.com

Dalam upaya mensosialisasikan pengawasan terhadap penyelenggarakan pemilu yang partisipatif, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Lampung Tengah menyelenggarakan sosialisasi tentang pengawasa pemilu partisipatit di Cafe Moonbe Bandarjaya Terbanggi Besar Lampung Tengah pada Kamis (12/10/2023)..

Sosialisasi diikuti oleh perwakilan dari 35 jajaran organisasi masyarakat yang ada di kabupaten Lampung Tengah.

Mewakili Ketua Bawaslu Lampung Tengah Harmono S.Hi dari Divisi Pengawasan usai membuka acara menyampaikan bahwa tahapan pemilu sudah semakin dekat, dalam hal ini bawaslu melakukan pengawasan serius disetiap tahapan secara maksimal. “Hadirnya berbagai elemen ormas dalam agenda sosialisai pemilu partisipatif diharapkan cukup dapat mewakili masyarakat Lamteng dalam sosialisasi pemilu partisipatif, ” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Bawaslu Lamteng menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. wahyu Iryana selaku praktisi pemilu dari UIN Raden Intan Lampung dan Eko Pranoto, S. Pd dari praktisi pemilu Lamteng.

Dalam paparannya dikatakan bahwa pemilu dapat melahirkan pemimpin terbaik di lamteng asal didukung oleh seluruh stakeholder yang memiliki andil besar dalam mensukseskan terselenggaranya pemilu dan ikut berperan aktif untuk kemajuan demokrasi.

“Jurnalis juga memiliki andil besar untuk memberikan informasi yang positif kepada masyarakat tentang tahapan pemilu. ”
Dikatakan, manfaat pemilu partisipatif untuk meningkatkan pemilu yang adil, meningkatkan partisipasi pemilih dan mendorong demokrasi inklusif, keikutsertaan masyarakat dan melindungi hak untuk bersuara.

Pemantauan partisipatif dapat memastikan pemilu yg adil dan menghasilkan demokrasi yang stabil dan kuat di Indonesia.

Pemantauan juga dapat meningkatkan partisipasi pemiih dengan memastikan pemilu yang amanah dan terjamin.

Pentingnya pengawasan pemilu adalah untuk mengurangi kecurangan dalam pemilihan, memastikan pemilu yang transparan dan mendukung pendidikan demokrasi. ( Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here